HARIBO

Apa yang menarik di Bonn ini? Pertanyaan pertamaku pada rekan kantor yang menjemputku di bandara Koeln beberapa bulan silam. Jawabnya adalah tidak ada kecuali Haribo dan gedung tinggi bekas Universitas PBB di pinggir sungai Rhein. Untuk yang pertama aku tidak tanggap. Was ist das denn? Apa itu? Haribo adalah gummy bears, gummy candy, permen kenyal anak2 dengan berbagai warna dan selera. Aku langsung tanggap apa yang dimaksud temanku meski aku agak penuh tanya juga sebenarnya, tapi aku urungkan niatku untuk tanya-tanya lagi.

Tanpaku sadari gummy bear Haribo ini bener-benar mendekat padaku. Bagaimana tidak tiap pagi dan sore aku pergi pulang kantor dengan mengayuh sepeda dinas kantor melewati pabrik gummy bears Haribo ini. Tercium rasa buah-buahan segar tiap kali melewati pabrik itu. Salah satu pabriknya tidak lebih dari 1 km dari tempatku tinggal. Komplek pabriknya menurutku tidak luas, aku melewati sisi belakang pabrik Haribo ini di jalan Karl Bart (Karl Bart Strasse).

Produk permen gummy bears banyak ditemui di Jerman sini dengan berbagai merek. Permen kenyal rasa berbagai buah-buahan ini digemari anak-anak. Dari sekian merek gummy bears merek HARIBO-lah yang paling terkenal di Jerman dan belahan negara lain. Haribo adalah memang pabrik permen gummy pertama kali jerman di dirikan oleh Hans Riegel Sr. Pada tahun 1922 adalah pabrik permen keluarga. Setelah dia meninggal di lanjutkan oleh anaknya yang bernama Hans Riegel. Dan nama Haribo adalah singkatan dari Hans Riegel Bonn = HaRiBo. Tidak salah kalo temanku mengatakan yang terkenal dari Bonn adalah Haribo. Keterkenalan Haribo tidak berlebihan jika di lihat dari ekspansi bisnis yang luar biasa memiliki 5 pabrik di jerman dan 13 pabrik di luar Jerman. Dan hingga kini pemasarannya menjangkau semua negara Eropa, Amerika dan Australia, bahkan Asia.

Apa yang menarik dari HARIBO. Salah satu yang menarik adalah slogan yang tertera. Dalam bahasa Jerman di setiap merek Haribo tertera – Haribo mach kinder froh – und Erwachsene ebenso, yang artinya kira-kira Haribo membuat anak-anak bahagia dan begitu pula orang dewasa. Ternyata slogan ini mendunia menjadi berbagai variasi misalkan di Inggris dengan Kids and grown-ups love it so – the happy world of Haribo; di Rumania dengan Gustul magic Haribo (artinya The magical Haribo flavor). Di Perancis dengan Haribo, c’est beau la vie – pour les grands et les petits (artinya Haribo, life’s beautiful – for grown-ups and little ones). Menyimak kesuksesan Haribo itu, di Jerman sendiri tidak lepas dari reklame sejak tahun 1991 yang diperankan oleh Thomas Gottschalk, entertainer terkenal Jerman yang suka menjadi penyiar yang memulai karier di Bayerischer Rundfunk (Bavarian Broadcasting).

Apa lagi yang menarik dari Haribo. Layaknya bisnis semakin menjulang semakin banyak saingan dan masalah. Keberadaan Haribo menimbulkan debat panjang di kalangan muslim Jerman dan Eropa. Apakah produk Haribo halal? Rupanya kontroversi ini menjadi iklan bisnis gratis bagi Haribo. Mereka tanggap atas bagaimana keinginan muslim Eropa. Di Jerman ada sekitar 3.5 juta dari 20 juta Muslim yang ada di Eropa Barat, dimana diantaranya merupakan imigran atau keturunan imigran yang datang ke benua Eropa selama dekade setelah Perang Dunia II. Sehingga menjadi kegelisahan tersendiri. Ketidakhalalan produk ini disinyalir dari gelatin yang digunakan yang berasal dari lemak babi, sebab hampir gelatin untuk produk makanan dan minuman sebagian besar dari lemak babi daripada lemak sapi. Tapi sejak tahun 2006 Haribo mengeluarkan produk baru bersertifikat halal, yang dikenal dengan halalibo atau haribo halal (lihat http://halalibo.de/Halal-Haribo-Goldbaeren). Biasanya produk Haribo halal di impor dari Pabrik yang ada di Turki dan dipasarkan pada negara-negara muslim, dan tentu di Indonesia ada juga, kan?

Nah, sekilas bagaimana usaha bisnis kuliner keluarga bertahan dengan membuka mata dan telingga lebar-lebar dari kegelisahan dan saran konsumen. Bagaimana di Indonesia?

Bonn, 4 Juni 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s